Thursday, 28 June 2012

BERAPA LAMA ASI BISA BERTAHAN?


Alam Ruangan

Jika ruangan tidak ber-AC suhu ruang (19-26 C), disarankan menyimpan ASI perah tidak lebih dari 4 jam. Sedangkan dalam ruangan ber-AC, bisa sampai 6 jam. Dengan catatan suhu ruangan stabil, tidak mati sama sekali selama botol ASI ada di dalamnya.




Dalam Cooler bag / Ice Pack / Ice Gel

10-12 jam dalam suhu 15C (kulkas bagian bawah / cooler bag dengan ice gel atau ice pack). Biasa nya, ASI yang dimasukkan kedalam wadah ini dikarenakan Ibu memerah dikantor untuk di bawa pulang atau ASI yang sudah beku di freezer ingin segera di konsumsi oleh bayi



Dalam Lemari Es

Jika Ibu mengetahui bahwa dalam 4 jam ke depan ASI hasil pompa/peras tidak akan diberikan pada bayi, maka segeralah simpan di lemari es. ASI ini bisa bertahan sampai 8 (delapan) hari dalam suhu lemari es, jika ditempatkan dalam compartment yang terpisah dari bahan makanan lain yg ada di lemari es tersebut.
Jika lemari es Ibu kebetulan tidak memiliki compartment terpisah untuk menyimpan botol ASI hasil pompa/perasan, maka sebaiknya ASI tersebut jangan disimpan lebih dari 3 x 24 jam.
Ibu juga dapat “membuat” compartment terpisah dengan cara menempatkan botol ASI dalam container plastik yang tentunya dibersihkan terlebih dahulu dengan baik.



Dalam Freezer

ASI hasil pompa/perasan dapat disimpan dalam freezer biasa sampai 3 (bulan) lamanya. Namun Ibu jangan menyimpan ASI ini di bagian pintu freezer, karena bagian ini yang mengalami perubahan dan variasi suhu udara terbesar. 3-7 hari dalam suhu 4C (freezer kulkas 1 pintu) kecuali disetiap pintu diberikan tambahan Ice Pack (seperti digambar)


Jika Ibu kebetulan memiliki freezer penyimpan daging yang terpisah -18 s/d -20C (freezer kulkas 2 pintu/chest freezer), biasanya disebut deep freezer yang umumnya memiliki suhu lebih rendah dari freezer biasa, maka ASI hasil pompa/perasan bahkan dapat disimpan sampai dengan 6 (enam) bulan di dalamnya.





Tanda ASI Perah Basi

Sebenarnya jika Ibu mengikuti pedoman pemompaan/pemerasan ASI dan penyimpanan yang baik, ASI tidak akan mungkin basi. Kadang memang setelah disimpan/didinginkan akan terjadi perubahan warna dan rasa, tapi itu tidak menandakan bahwa ASI sudah basi. Asalkan Ibu berada dalam keadaan bersih ketika memompa/memeras, menyimpan ASI dalam botol yang steril & tertutup rapat, dalam jangka waktu yang dijabarkan seperti di atas dan saat memanaskan juga mengikuti petunjuk, mudah-mudahan ASI Ibu terjaga dalam kondisi yang baik.
Dibandingkan susu formula, ASI lebih tahan lama. Pada saat berinteraksi dengan udara luar, biasanya yang terjadi bukan pembusukan ASI tetapi lebih merupakan berkurangnya khasiat ASI, terutama zat yang membantu pembentukan daya imun bayi.
ASIP yang sebelumnya sudah dibekukan dan dicairkan di lemari es, bisa bertahan paling lama 4 jam pada suhu ruang. Dan dalam lemari es bisa bertahan 24 jam. Setelah dicairkan JANGAN memasukkan kembali ASIP dalam freezer. Untuk ASIP yang telah dicairkan dengan air hangat, pada suhu udara harus diberikan sekaligus pada bayi. Yang sudah diminumkan ke bayi dari botol yang sama, sisanya DIBUANG.

PONG - ASI DELIVERY

No comments:

Post a Comment